Teknologi Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

Pengertian dari Cloud computing itu sendiri adalah komputasi, perangkat lunak, akses data, dan jasa penyimpanan yang tidak memerlukan pengetahuan akhir-pengguna lokasi fisik dan konfigurasi dari sistem yang memberikan layanan. Paralel dengan konsep ini dapat ditarik dengan jaringan listrik di mana pengguna akhir mengkonsumsi sumber daya listrik tanpa pemahaman yang diperlukan dari perangkat komponen pada kotak yang diperlukan untuk menyediakan layanan.
Menurut Lembaga Nasional Standar dan Teknologi ( NIST )pengertian dari Cloud computing adalah model untuk memungkinkan nyaman, on-demand akses jaringan ke kolam renang bersama sumber daya komputasi dikonfigurasi (misalnya, jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan jasa) yang dapat dengan cepat ditetapkan dan dirilis dengan upaya manajemen minimal atau penyedia layanan interaksi.
Karakteristik Cloud Computing
Cloud computing pada dasaranya adalah menggunakan Internet-based service untuk meng support business process. Cloud service biasanya memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:
Sangat cepat di deploy, sehingga cepat berarti instant untuk implementasi.
  • Nantinya biaya start-up teknologi ini mungkin akan sangat murah atau tidak ada dan juga tidak ada investasi kapital.
  • Biaya dari service dan pemakaian akan berdasarkan komitmen yang tidak fix.
  • Service ini dapat dengan mudah di upgrade atau downgrade dengan cepat tampa adanya Penalty.
  • Service ini akan menggunakan metode multi-tenant (Banyak customer dalam 1 platform).
  • Kemampuan untuk meng customize service akan menjadi terbatas.
Teknologi cloud akan memberikan kontrak kepada user untuk service pada 3 tingkatan:
  • Infrastructure as Service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti  Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
  • Platform-as-a-service: hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini memungkinkan developer untuk tidak memikirkan hardware dan tetap fokus pada application development nya tampa harus mengkhawatirkan operating system, infrastructure scaling, load balancing dan lainya. Contoh nya yang telah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
  • Software-as-a-service: Hal ini memfokuskan pada aplikasi denga Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. contohnya adalah Google Apps, SalesForce.com dan social network application seperti Facebook.
Beberapa investor saat ini masih mencoba untuk mengekplorasi adopsi teknologi cloud ini untuk dijadikan bisnis sebagaimana  Amazon dan Google telah memiliki penawaran khusus pada untuk teknologi cloud, Microsoft dan IBM juga telah melakukan investasi jutaan dollar untuk ini.
Perkembangan Cloud Computing
Cloud computing menjadi salah satu kata buzz industri berikutnya. Ia bergabung dengan barisan istilah termasuk: komputasi grid, komputasi utilitas, virtualisasi, clustering, dll Cloud computing tumpang tindih beberapa konsep terdistribusi, grid dan komputasi utilitas, tetapi memang memiliki arti tersendiri jika digunakan dengan benar secara kontekstual. Konseptual tumpang tindih sebagian karena perubahan teknologi, penggunaan dan implementasi selama bertahun-tahun. Tren penggunaan istilah dari pencarian Google menampilkan Cloud Computing adalah istilah relatif baru yang diperkenalkan pada tahun lalu. Ada juga telah terjadi penurunan kepentingan umum Grid, Utilitas dan komputasi terdistribusi. Kemungkinan mereka akan berada di sekitar dalam penggunaan untuk berhenti beberapa saat untuk datang. Tapi Cloud computing telah menjadi kata buzz baru didorong oleh penawaran pemasaran dan layanan dari pemain perusahaan besar seperti Google, IBM dan Amazon.
Cloud computing menggambarkan suplemen baru, konsumsi, dan model pengiriman untuk TI jasa berdasarkan protokol internet, dan biasanya melibatkan provisioning dinamis scalable sering virtualisasi sumber daya dan. Ini adalah produk sampingan dan konsekuensi dari kemudahan -akses ke remote komputer situs yang disediakan oleh Internet. Hal ini sering mengambil bentuk alat berbasis web atau aplikasi yang pengguna dapat mengakses dan menggunakan melalui browser web seolah-olah mereka program yang diinstal secara lokal pada komputer mereka sendiri.
komputasi awan penyedia Khas memberikan umum aplikasi bisnis online yang diakses dari yang lain layanan Web atau perangkat lunak seperti Web browser , sedangkan perangkat lunak dan data yang tersimpan pada server .
Keamanan
Keamanan relatif dari layanan komputasi awan merupakan isu kontroversial yang dapat menunda ditetapkan.  Isu pembatasan penerapan komputasi awan adalah karena sebagian besar untuk sektor publik dan swasta kegelisahan sekitarnya pengelolaan eksternal layanan berbasis keamanan. Ini adalah sifat awan layanan berbasis komputasi, swasta atau publik, yang mempromosikan manajemen eksternal layanan yang diberikan. Hal ini memberikan insentif yang besar antara penyedia layanan komputasi awan dalam memproduksi sebuah prioritas dalam membangun dan mempertahankan manajemen yang kuat pelayanan aman.  
Organisasi telah dibentuk untuk menyediakan standar untuk masa depan yang lebih baik dalam layanan komputasi awan. Satu organisasi khususnya, Cloud Keamanan Aliansi adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mempromosikan penggunaan praktek-praktek terbaik untuk memberikan jaminan keamanan di dalam komputasi awan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar