Bedah Website Portofolio

Website portfolio adalah suatu keharusan bagi semua desainer (baik yang freelance atau yang fulltime bekerja dengan orang lain). Maka dari itu, kali ini kita akan membahas beberapa elemen yang biasanya digunakan ketika mendesain website portfolio.

Inti dan tujuan dari website portfolio adalah untuk menunjukan hasil kerja/karya desain kita. Dengan begitu calon klien bisa melihat kemampuan kita dan jika cocok maka dia akan menggunakan jasa kita sebagai desainer. Hal lain yang juga penting adalah website portfolio harus mempunyai karakter tersendiri untuk membedakan website kita dari website portfolio lain.

Berikut adalah beberapa elemen yang dipelajari dari website portfolio yang ada di luar sana.
1. Portfolio Berada di Halaman Depan

Ini sudah hampir menjadi template pada semua website portfolio dan memang cara ini sangat efektif. Apa yang kita harapkan kalau kita melihat web portfolio? tentu saja hasil karya desainernya kan?


Selain memudahkan pengunjung (dapat langsung ke inti website), elemen ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mengeksplor lebih jauh ke halaman lain di website kita, terlebih jika hasil karya nya sangat unik, menarik atau klien nya merupakan klien besar.

2. Kalimat Pembuka Yang Menarik

Kita biasa menyebutnya Tagline. Kalimat yang menarik bisa menjadi cerminan pribadi kita di dunia maya ini. Terlebih jika kalimat tersebut bisa menjadi semacam slogan bagi kita. Maka secara tidak langsung pengunjung akan mengingat kalimat tersebut dan otomatis mengingat website kita.

3. Foto / Ilustrasi yang Menarik

Gambar bisa menceritakan lebih banyak daripada kata-kata. Dan bila di sandingkan dengan kalimat pembuka (tagline) yang menarik maka kombinasi tersebut tidak akan terkalahkan.Kita memang harus belajar sedikit bermetafora untuk mendapatkan hasil yang efektif. Tetapi percayalah jika kita bisa menggunakan cara ini maka website portfolio kita akan berhasil mendatangkan klien baru.

4. Posting Terbaru
Bagi desainer yang suka menulis artikel atau senang membagikan pemikirannya pada orang lain, bisa menggunakan cara ini. Selain fungsi blog/artikel yang bisa membangun komunitas, kita juga secara bersamaan membangun personal brand. Menurut saya salah satu cara membangun personal brand adalah melalui konten pemikiran kita (yang biasanya di tuangkan dalam bentuk tulisan).

5.Profil Pribadi/
Halaman ini merupakan halaman terpenting kedua setelah portfolio. Harus dengan
jelas dan jujur mendeskripsikan diri sendiri. Alasannya adalah alasan klasik, bagaimana klien mau berbisnis dengan seseorang yang identitasnya tidak jelas? Coba ceritakan sedikit background pendidikan, pekerjaan sehari-hari, tinggal di kota mana (jika keberatan memberikan alamat lengkap) dan hal unik lain yang ada di diri kamu (misalnya, suka mengoleksi action figure dll). Intinya buatlah halaman About ini se-personal mungkin, karena ini merupakan “kartunama” kamu di dunia maya.

6. Informasi Kotak yang Jelas & Place
Kalau pengunjung sudah sampai ke halaman ini, maka bisa di pastikan mereka sudah 75% tertarik dengan kamu. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Buatlah semudah dan seinformatif mungkin jika pengunjung mau menghubungi kita, baik itu hanya untuk berkenalan atau mau bekerjasama dalam suatu projek.Tidak ada salahnya menyertakan alamat email, nomor handphone (jika tidak keberatan) dan alamat kantor/rumah. Ini untuk alasan kenyamanan bila klien bekerjasama dengan kita nantinya.

Ini masih menjadi perdebatan apakah etis untuk disertakan pada suatu website portfolio. Kalau menurut saya sah-sah saja, tergantung kepada masing-masing pribadi dan tipe bisnis yang kita jalankan. Web ini dikelola oleh orang yang berada didaerah Surabaya.

7. Detail Harga

Dalam Web ini juga diberitahukan harga dari product yang kami jual namun, kelebihannya adalah kita tidak akan capai menjawab pertanyaan calon klien tentang harga (yang terkadang tidak berlanjut karena mungkin terlalu mahal). Dengan adanya informasi ini maka kita dapat sedikit memastikan bahwa kalau ada email dari klien baru maka kemungkinan dia akan menjadi klien kita. Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening yang sudah disediakan pada halaman awal web ini, dan akan dikonfirmasi ulang jika customer sudah menyetujuinya.

8. Product

Web ini bergerak dibidang Tour & Travel dimana menjual product yaitu :
1. Menjual tiket pesawat (Booking & Cetak tiket sendir) & Kereta Api
2. Menjual voucher hotel domestik & internasional
3. Rent Car Seluruh Indonesia
4. Tour Domestik & Internasional
5. Haji & Umrah

9. Promotion

promosi yang dilakukan pada web ini yaitu memberikan harga miring dari harga yang ada. uniknya pada web ini juga memberikan kesempatan kepada customer atau user jika ingin membuat usaha bisnis online Tour & Travel ini. Dan tentunya jika ingin bergabung maka harus mengikuti persyaratan yang ada.

10.Testimonial

Sama seperti kita berjualan di Kaskus misalnya, testimonial memegang peranan yang penting. Jika tidak ada testimonial maka calon klien akan sedikit berspekulasi jika bekerjasama dengan kita. Mungkin klien hanya melihat dari portfolio kita yang “wah” saja.Dengan adanya testimonial (apalagi dari nama yang lumayan terkenal), calon klien baru akan lebih yakin dengan kita. Jadi, jangan lupa meminta testimonial dari klien yang kita anggap mempunyai nama dan projek nya menarik.


#Web travel agency ini dibuat menggunakan custom CMS, web semi MLM ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai engine database nya. Desain elegan dan simple membuat website ini mempunyai nilai tersendiri dibanding website travel agency yang lain.#
(sumber : http://satriatours.com/)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar