Usability Principles

Prinsip-prinsip Desain UI

Terdiri dari beberapa Kategori
• Learnability
Merupakan dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
• Fleksibilitas
Merupakan dukungan untuk beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas
• ketahanan
Merupakan dukungan untuk pemulihan
Selalu berpikir tentang pengecualian, kesesuaian

1. Prinsip Learnability
Merupakan sebuah prinsip yang memberi kemudahan bagi pengguna baru supaya dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja yang maksimal. Dan pada Prinsip ini terdapat juga beberapa caranya yaitu:
Predictability
Synthesizability
Familiarity
Generalizability
Consistency

Predictability:
• Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan ....
• Operasi visibilitas
Dapat melihat tindakan sia-sia
e.g. menu vs command shell
item menu berwarna abu-abu

Synthesizability:
• Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem
yang sekarang.
Memindahkan file dalam UNIX shell vs Mac / Windows.
Apakah umpan balik sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?

Familiarity :
• Apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan?
Kesan pertamaSungguh relevan.
Penggunaan metafora.
Perangkap tersembunyi .
Apakah ada keterbatasan pada keakraban?

Generalisasi:
• Dapatkah pengetahuan tentang satu sistem / UI diperluas berupa yang lain?
Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda .
Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI berlaku yang dari UI?
Bantuan: UI Developers pedoman.

Konsistensi :
• Sama seperti perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi.
Dalam hal-hal yang berbeda pada:
berinteraksi
output
tata letak layar
• Apakah ini selalu diharapkan bagi semua sistem, semua user?

2. Prinsip Fleksibilitas
• banyak cara bahwa sistem pengguna dan bertukar informasi dapat dilakukan
diantaranya :
InitiativeDialog
Multithreading
Tugas migratability
Substitutivity
Customizability

Dialog Initiative :
• pada cara ini, tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan
tentang bagaimana dialog dilakukan
• Pengguna pre-emptive
Disini pengguna memprakarsai tindakan menjadi lebih fleksibel, umumnya
lebih diinginkan.
• Sistem pre-emptive
Sistem ini melakukan semua petunjuknya dan pengguna merespon kadang-
kadang diperlukan

Multithreading :
• Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu
waktu
• Terdapat Dua jenis
Concurrent: menginput ke beberapa tugas secara simultan
Interleaved : menginput banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu

Tugas migratability :
• Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem)
yang dapat melakukannya dengan lebih baik.contohnya adalah :
Spell-checking, kontrol keamanan di pabrik .
Untuk jenis-jenis tugas apa yang harus pengguna memegang kendali?

Substitutivity :
• Fleksibilitas dalam rincian operasi
Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok.
Cara yang berbeda untukBiarkan.
Melakukan tindakan, tentukan data, konfigurasi .
Cara yang berbeda untuk mempresentasikan hasil biarkan tugas sesuai
&Pengguna .

Customizability :
• Kemampuan antarmuka user untuk merubah
Oleh user - kemampuan beradaptasi Apakah ini hal yang baik?
Oleh sistem – adaptivity Apakah ini hal yang baik?

3. Ketahanan Prinsip
• Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian.
Observability.
Recoverability.
Responsif.
Kesesuaian Tugas.

Observability :
• Pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?
Browsability yaitu menjelajahi saat ini (tanpa mengubahnya).
Reachability yaitu Menavigasi melalui negara diamati .
Ketekunan yaitu Berapa lama kondisi diamati bertahan?

Recoverability :
• Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas kesalahan mengakui.
Kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli.
Pemulihan kembali yaitu Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak
dapat membatalkan.
Pemulihan Mundur yaitu Undo sebelumnya error (s)

Responsif :
• Pengguna persepsi laju komunikasi dengan system :
Response time yaitu Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa
cara untuk pengguna tindakan.
Pengguna persepsi tidak selalu benar.
Konsistensi penting.
Respon OK jika pengguna sesuai harapan.

Task conformance :
• Apakah sistem mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin tampil di cara-
cara yang diharapkan?
Kelengkapan Tugas yaitu Sistem dapat melakukan semua tugas-tugas yang
menarik?
Kecukupan Tugas yaitu pengguna dapat mengerti bagaimana melakukan tugas?
Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar